Kembangkan Jaringan Air Minum Perpipaan, Pembaca Harian Kompas Berkomitmen Bantu Sanitasi Warga Solo

Foto Berita

Kembangkan Jaringan Air Minum Perpipaan, Pembaca Harian Kompas Berkomitmen Bantu Sanitasi Warga Solo

  • A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined property: stdClass::$username

    Filename: detail/home.php

    Line Number: 70

    Backtrace:

    File: /var/www/clients/client1/web4/web/application/views/frontend/berita/detail/home.php
    Line: 70
    Function: _error_handler

    File: /var/www/clients/client1/web4/web/application/views/frontend/_templates/main.php
    Line: 8
    Function: view

    File: /var/www/clients/client1/web4/web/application/controllers/Informasi.php
    Line: 129
    Function: view

    File: /var/www/clients/client1/web4/web/index.php
    Line: 290
    Function: require_once

  • 12 November 2021

TRIBUNNEWS.COM - Pembaca Harian Kompas melalui Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) bekerjasama dengan KSM Mojo Waras melaksanakan Launching Program Pengembangan Jaringan Air Minum Perpipaan Keluarga (Master Meter) yang bertempat di Balai RW 03 Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta pada Jumat (12/11/2021).

Acara launching ini sukses dilaksanakan dengan penandatanganan naskah kerja sama oleh DKK, KSM, Lurah Mojo, Bapppeda, DISPERUMKPP, dan IUWASH PLUS.

Launching program "Pengembangan Jaringan Air Minum Perpipaan Keluarga" (Master Meter) dihadiri oleh Manajer Eksekutif Yayasan DKK Anung Wendyartaka, Lurah Mojo Margono S.STP, M.Si, Kabid infrastruktur dan pengembangan wilayah BAPPEDA Kota Surakarta Dandy Yoga Enconika, ST, MT, Bayu mewakili Direktur Umum Perumda Air minum kota Surakarta.

Lalu Ari Yulianto dari Disperumkpp kota Surakarta, Jumadi Ketua KSM Mojo Waras dan Regional Manager IUWASH Plus Jawa Tengah Jefry Budiman.

Sasaran dari pembuatan Program Pengembangan Jaringan Air Minum Perpipaan Keluarga adalah untuk meningkatkan akses air minum dan layanan sanitasi pada masyarakat miskin dan kelompok rentan di perkotaan.

Cakupan program kerjasama YDKK dengan KSM Mojo Waras ini adalah membangun jaringan perpipaan air minum keluarga sebanyak 60 sambungan rumah (SR) dengan nilai total bantuan sebesar Rp. 87 juta.

Selain itu, program ini menggunakan skema pembiayaan dana bergulir yang dikelola oleh KSM Mojo Waras. Rencananya perolehan hasil pengembangan melalui skema dana bergulir ini akan dimanfaatkan untuk pengembangan program sanitasi.

Launching program ditandai dengan penyerahan secara simbolis peralatan kerja dan meteran air kepada pelaksana teknis pembangunan jaringan air minum, pendatanganan kerjasama antara YDKK dan KSM Mojo Waras.

Pihak Kelurahan Mojo, Bappeda Surakarta, dan Usaid IUWASH PLUS, Disperumkpp Kota Surakarta dan Perumda Air Minum Surakarta ikut serta sebagai pihak-pihak yang memberi dukungan dalam PKS tersebut.

“YDKK sangat senang dan bahagia bisa menyalurkan donasi pembaca Kompas dalam bentuk program pengembangan perpipaan jaringan air minum kepada masyarakat di Kelurahan Mojo Surakarta," kata Manajer Eksekutif Yayasan DKK, Anung Wendyartaka.

"Kami juga sangat senang dan termotivasi bekerja sama dengan KSM Mojo Waras yang begitu bersemangat tetapi sekaligus juga bekerja dengan sangat baik dan profesional dalam mewujudkan terlaksanya kerja sama ini."

"Semoga program ini bisa berjalan lancar, seluruh warga bisa menikmati air bersih yang sangat dibutuhkan dan muaranya kualitas hidup masyarakat di Mojo bisa semakin baik.”

Selain itu, Lurah Mojo, Magono juga mengucap terima kasih atas bantuan yang diberikan.

“Terima kasih sekali atas bantuan pembaca Kompas melalui YDKK kepada masyarakat di Kel Mojo. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga di sini yang karena kondisi yang ada di mana kondisi kualitas air tanah yang buruk maka dengan adanya program ini mudah-mudahan persoalan kebutuhan air minum maupun air bersih yang layak bisa segera teratasi," jelas dia.

Adapun Bantuan Pembaca Harian Kompas melalui penyaluran Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK) dalam pembuatan program ini merupakan komitmen Pembaca Harian Kompas untuk membantu masyarakat di Indonesia khususnya masyarakat Kota Surakarta yang membutuhkan sanitasi air dengan membangun pengembangan Jaringan Air Minum Perpipaan Keluarga untuk ketersediaan air bersih dan air minum yang baik.