Kota Surakarta atau lebih dikenal istilah Solo merupakan kota bekas ibukota kerajaan Surakarta sejak tahun 1745 dimana sejak 269 tahun yang lalu Solo menjadi pusat budaya jawa yang banyak dikunjungi pendatang karena kaitan dengan image sebagai kota budaya Jawa. Di era otonomi daerah, Kota Surakarta mempunyai Visi: terwujudnya Kota Solo sebagai kota budaya yang bertumpu pada potensi pendidikan jasa, perdagangan pariwisata dan olah raga. Dalam rangka mencapai visi kota budaya maka bidang - bidang potensial tersebut harus berkembang. Visi tersebut tentunya berdasarkan pada potensi daerah yang berada di wilayah Surakarta, dimana Kota Surakarta mempunyai daerah-daerah potensial salah satunya adalah Kecamatan Banjarsari. Untuk meningkatkan potensi yang ada di Kecamatan Banjarsari tersebut perlu adanya dokumentasi jalan lingkungan yang ada diwilayah tersebut agar dapat menjadi data yang berguna dan bisa menjadi referensi Pemerintah dalam mengembangkan potensi wilayahnya.

Jalan merupakan salah satu prasarana transportasi yang pada hakikinya menyangkut hajat hidup orang banyak serta mengendalikan struktur pengembangan wilayah pada tingkat nasional. Untuk dapat mendukung kedudukan dan peranan jalan lingkungan, diperlukan data-data yang akurat tentang ruas jalan lingkungan yang ada di wilayah Kecamatan Banjarsari sesuai statusnya, dalam rangka pendataan jaringan jalan lingkungan yang sistematis dan terpadu agar terwujud penyelenggaraan jalan yang berdasarkan asas kemanfaatan, keamanan dan keselamatan, keserasian, keselarasan dan kesinambungan, keadilan, transparansi dan akuntabilitas, keberdayagunaan dan keberhasilan serta kebersamaan dan kemitraan.

Pedataan jalan lingkungan merupakan salah satu bagian dari program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan aksesbilitas masyarakat di lingkungan perumahan atau permukiman di wilayah Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Untuk mengetahui informasi ketersediaan jalan lingkungan yang menghubungkan pusat-pusat kegiatan, jalan yang memudahkan masyarakat perindividu melakukan perjalanan, jalan yang menjamin pengguna jalan berkendara dengan selamat, jalan yang menjamin kendaraan dapat berjalan dengan nyaman dan selamat, jalan yang menjamin perjalanan kendaraan dapat dilakukan sesuai dengan kecepatan rencana sejalan dengan dinamika kebutuhan terhadap aksesiblitas, mobilitas, keselamatan, kondisi jalan dan kecepatan maka dibutuhkan suatu database jalan lingkungan di wilayah Kecamatan Banjarsari.

Database jalan lingkungan Kecamatan Banjarsari selama ini belum dimiliki oleh Pemerintah Kota Surakarta, atas dasar pertimbangan tersebut melalui pelaksanaan Penyusunan Database Jalan Lingkungan Kecamatan Banjarsari dapat terlaksana. Database jalan lingkungan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas perencanaan, pengawasan dan evaluasi pembangunan maupun pemeliharaan jalan lingkungan di Kota Surakarta khususnya di Kecamatan Banjarsari.